Minggu, 15 Maret 2009

Ada 4 pilar yang harus ditegakkan jika negara ingin tetap kokoh atau baldatun thoyibatun, subur makmur gemah ripah loh jinawi tentrem ayem kerto raharjo. 4 pilar tersebut antara lain sbb:
1. Ilmu Ulama
sebagaimana kita ketahui bahwa ulama adalah pewaris nabi, artinya ulama adalah penerus perjuangan nabi, dimana nabi (muhammad) merupakan seorang ilmuan juga negarawan, disamping beliau menyebar luaskan syari at islam beliau juga mengemban tugas mengatur rakyat. sehingga ulama sebagai pewaris nabi juga punya peran sebagaimana halnya nabi. bahkan imam ghazali mengatakan ulama adalah pemimpinya pemimpin. Di Indonesia sudah ada Majlis Ulama Indonesia (MUI) jadi untuk menyelesaikan permasalahan umat akan lebih mudah dan terorganisir. adapun yang menjadi misi ulama adalah amar ma'ruf nahi munkar, dengan demikian jelas bahwa apa yang diperjuangkan ulama adalah demi kemashlahatan umat atau rahmatan lil'alamin fikulli zamanin wamakanin.
2. Adilnya para pemimpin
pemimpin yang adil merupakan dambaan semua masyarakat, adil
tidak harus sama namun adil bisa diartikan memberi sesuatu dengan proporsional, adil hanya salah satu dari syarat seorang pemimpin dan masih banyak syarat yang lain misalnya shidiq, amanah,tablig fathonah. Allah juga sudah memerintahkan untuk berbuat adil kepada hambanya yang bunyìnya innallaha ya'muru bil adli wal ihsani wa ita'i dzil qurba al ayah.. dengan demikian jikam pemimpin bisa adil maka negara akan tetap tegak. dan kecemburuan sosial tidak akan terjadi.
3. Orang kaya yang dermawan
pilar yang ketiga ini orang kaya yang dermawan, dalam kehidupan sehari hari hubungan antar manusia harus tetap harmonis, tidak boleh ada rasa egoisme, satu sama lain harus saling membantu, ulama dibutuhkan ilmunya, pemimpin dibutuhkan keadilanya sedangkan orang kaya yang diperlukan adalah hartanya, dengan demikian klop, sebagaimana rasulullah dalam berjuang juga disuplai oleh siti khadijah. karna semua kegiatan membutuhkan dana. bukan hanya itu, fakir miskin juga perlu uluran tangan dari si kaya.
4. Do'anya orang fakir
pilar yang keempat ini juga mempunyai peran penting dalam membangun negara, namum perlu dipertegas yaitu orang fakir yang berilmu, mengapa orang fakir, karena dia sering perihatin,dan dia punya kelebihan sendiri yang tidak dimiliki orang kaya.
Demikianlah semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: