Minggu, 25 Januari 2009

TINGKATAN MAKRIFAT KEPADA ALLAH

Dalam kitab al Hikam disebutkan. Yang dimaksud kamu telah sampai kepada Allah swt adalah kamu telah berhasil mengenal-Nya (melihat Allah dengan mata hati yang dengan penglihatan itu kamu tidak lagi membutuhkan tandj dan bukti untuk memastikan Allah Swt itu ada) Andai kata tidak demikian yang dimaksud maka (istilah sampai kepada Allah tidak pernah ada) karena tidak mungkin ada sesuatu yang bersambung denganNya atau Allah bersambung denganya.
Tinkat yang dicapai orang yang mencapai tingkat musyahadah bervariasi.
1. TAJALLIY AL AF'AL (melihat kerja Allah) dan pangkat ini merupakan pangkat terendah. orang yang mencapai pangkat ini melihat semua yang dikerjakan baik olei dirinya sendiri ataupun oleh orang lain adalah adalah pekerjaan Allah swt. Oleh karena itu dia meninggalkan ikhtiar dan tidak mau membuat rencana rencana.
2. TAJALLY AL SHIFAT (melihat sifat sifat Allah swt) Orang yang mencapai pangkat ini duduk dipangkat haibah (megagungkan sejaligus cinta kepada Allah) merasa tentram matahatinya menyaksikan keagungan dan keindahan Allah.
3. MAQAM FANA' (tidak ada sesuatupun selain Allah) hatinya terpenuhi cahaya yaqin dan cahaya musyahadah. orang yang mencapai pangkat ini tidak melihat dirinya sendiri ada. maqam fana ini termasuk salah satu bentuk tajally al dzat (melihat dzat Allah dengan mata hati) yang hanya dicapai oleh orang orang khusus yang didekatkan kepada Allah.
4. HAQ AL YAQIN (yaqin yang benar benar yaqin) semasa didunia haq al yaqin ini hanya terjadi sekejap saja lalu hilang. Kejadianya adalah cahaya musyahadah mengalir ke seluruh bagian hamba, meliputi ruh,hati,jiwa dan jasadnya. AL HIKAM: 227

1 komentar:

Hadi Sucahyo mengatakan...

sekarang manusia berani memberi nama yang menciptakan langit bumi memberi nama allah
allah sebetul nya untuk memberi ibadah kepada allah
alif al-arob 7
lam lam anas surat ayat 6
hu kap 16